you're reading...
Air Navigation Indonesia, Air Traffic Control

Sky Branding – AirNav Indonesia Siap Mewarnai Langit Nusantara [unofficial]

What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.
  ~ William Shakespeare

Sejak dilantiknya Dewan Direksi LPPNPI (Lembaga Perum Penyelenggara Navigasi Penerbangan Indonesia) telah disebut-sebut nama Air Navigation Indonesia yang disingkat AirNav Indonesia sebagai nama merek (brand) yang akan digunakan secara luas.  Bukan hanya itu, Dewan Direksi juga sudah mulai “mensosialisasi” logo AirNav Indonesia baik secara informal (gambar profil di-social media) maupun melalui sosialisasi LPPNPI di Makassar Air Traffic Service Center (MATSC) dan Kantor Pusat Angkasa Pura I, Jakarta.

Secara resmi, direncanakan LPPNPI berikut nama merek dan logo akan di-launching diacara business gathering LPPNPI di Hotel Borobudur pada saat tulisan ini dipublikasikan :D

Menurut kami logo AirNav Indonesia bagus, bermakna dan sangat menarik.  Meskipun beberapa rekan menyebut logo tersebut mirip dengan logo Nasa, namun sebenarnya cukup jauh berbeda.  Kesan mirip karena kedua logo tersebut berbentuk bulat, berlatar belakang warna biru dengan aksen pita merah melintas, namun bila diperhatikan lebih seksama keduanya memiliki perbedaan yang kentara.

Komparasi logo Airnav Indonesia dan logo Nasa

Komparasi logo Airnav Indonesia dan logo Nasa

Logo AirNav Indonesia memiliki pita berwarna merah putih (bukan hanya merah) yang dengan cerdas melintas menyiratkan sambungan huruf “A” dan “N” .  Lintasan pita ini kemudian dipotong oleh jalur pesawat origami berwarna putih sehingga kesan huruf A menjadi sempurna.  Dilihat sekilas pun logo AirNav Indonesia bisa dibilang sarat makna. Menurut Dewan Direksi makna atau filosofi lambang LPPNPI (AirNav Indonesia) adalah:

  • Latar belakang berbentuk lingkaran solid ibarat bola dunia yang bermakna bahwa perusahaan ini berkelas dunia dan warna biru melambangkan keluasan cara berfikir dan bertindak.
  • Garis lengkung berwarna putih yang melintang ibarat garis lintang yang mengelilingi bumi, melambangkan perusahaan ini siap bekerjasama dengan semua stakeholder yang terkait.
  • Tulisan “AirNav” adalah kependekan dari Air Navigation atau Navigasi Penerbangan yang menunjukkan identitas perusahaan yang menyelenggarakan pelayanan navigasi penerbangan. Terletak di tengah yang berarti harmoni.
  • Pita berwarna merah putih berbentuk huruf “A” dan “N” melambangkan bahwa perusahaan ini didirikan atas dasar persatuan dan kesatuan serta didedikasikan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Bentuk pesawat kertas berwarna merah putih yang mengudara melambangkan bahwa perusahaan ini siap membawa Indonesia menuju bangsa yang maju dan disegani oleh dunia Internasional.

Bermain-main dengan Logo AirNav Indonesia

Yang menarik dari sebuah logo, selain memberi identitas utama, adalah bagaimana selanjutnya perusahaan tersebut melakukan aplikasi logo sebagai pedoman identitas terhadap hal-hal lain yang berkaitan dengan operasi perusahaan.  Mulai dari yang resmi seperti: kop surat, amplop, seragam, tanda kantor (signage), template power point, baju olahraga, kendaraan dinas, kemudian merchandise seperti pulpen, t-shirt, gantungan kunci hingga logo-logo klub olahraga dan komunitas lainnya.

Berikut beberapa eksperimen aplikasi logo AirNav Indonesia dari kami :D

Powerpoint template AirNav Indonesia

Powerpoint template AirNav Indonesia

Signage (petunjuk) kantor AirNav Indonesia

Signage (petunjuk) kantor AirNav Indonesia

Jersey (baju sepeda) komunitas AirNav Indonesia

Jersey (baju sepeda) komunitas AirNav Indonesia

*catatan: gambar-gambar ini dibuat bukan untuk tujuan komersial (saat ini :D)
 

Sky Branding – Mewarnai Langit Indonesia

Sebentar lagi identitas PPNPI (atau AirNav Indonesia) akan meramaikan dunia penerbangan Indonesia bahkan internasional.  Warna biru langit, merah dan putih bakal sering kita jumpai di tempat-tempat yang terkait dunia penerbangan dan keselamatan transportasi.

Harapan kami, dengan logo dan nama yang mentereng, Air Navigation Indonesia mampu meningkatkan citra dunia penerbangan Indonesia khususnya air navigation services dimata masyarakat dan dunia internasional.
Sehingga kami semakin bangga menjadi bagian dari Air Navigation Indonesia.

oo00oo

About these ads

Discussion

5 thoughts on “Sky Branding – AirNav Indonesia Siap Mewarnai Langit Nusantara [unofficial]

  1. Great mas bro.. Dijamin akan saya jiplak.. ^_^
    Keep up the good work!

    Posted by WahyuWidodo | February 22, 2013, 08:44
  2. mantabbb om…jayalah ruang udara Indonesia…maju terus AIRNAV INDONESIA…kami siap menjadi profesional muda…salam hangat buat seluruh ATC INDONESIA.

    Posted by amnan adi widayat, SST | March 11, 2013, 23:54
  3. cil…ijin sedot logonya ya….matur nuwun sanget

    Posted by rahmat yanuar | September 12, 2013, 09:33
  4. mas acil..riko nih..jaketnya boleh di sadur gak??temen2 lombok pgn bikin nih..hehehe.. :D

    Posted by rikomumboy | November 28, 2013, 16:52

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Statistik Blog

  • 31,004 hits

Arsip

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 972 other followers

%d bloggers like this: